Selasa, 12 Juli 2011

Penyebab Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan

Penyebab Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan


Ada beberapa penyebab terjadinya tindak kekerasan dipandang dari berbagai aspek yaitu:
1.Terkait dengan struktur sosial-budaya/politik/ekonomi/ hukum/agama, yaitu pada sistim masyarakat yang menganut patriarki, dimana garis ayah dianggap dominan, laki-laki ditempatkan pada kedudukan yang tebih tinggi dari wanita, dianggap sebagai pihak yang lebih berkuasa. Keadaan ini menyebabkan perempuan mengalami berbagai bentuk diskriminasi, seperti: sering tidak diberi hak atas warisan, dibatasi peluang bersekolah, direnggut hak untuk kerja di luar rumah, dipaksa kawin muda, kelemahan aturan hukum yang ada yang seringkali merugikan perempuan. Terkait dengan nilai budaya, yaitu keyakinan, stereotipe tentang posisi, peran dan nilai laki-laki dan perempuan, seperti adanya perjodohan paksa, poligami, perceraian sewenang-wenang.
2. Terkait dengan kondisi situasional yang memudahkan, seperti terisotasi, kondisi konflik dan perang. Dalam situasi semacam ini sering terjadi perempuan sebagai korban, misaInya dalam lokasi pengungsian rentan kekerasan seksual, perkosaan. Dalam kondisi kemiskinan perempuan mudah terjebak pada pelacuran. Sebagai imptikasi maraknya teknologi informasi, perempuan terjebak pada kasus pelecehan seksual, pornografi dan perdagangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hati-Hati konten ini dilindungi oleh Web Protector, Stop Copas

Apa komentar anda?
Berkomentarlah dengan sopan,dilarang buat link aktif dikomentar anda...Terima kasih

EXAUDI'S BLOG Headline Animator

Asal pengunjung

Ping Blog Pingates Page Rank Checker Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Sonic Run: Internet Search Engine
Anda pengunjung ke:
hit counter for blogger

View My Stats

Na mambereng halak Medan pasti Like Site Meter

MyFacebook:

Back Link Blog Teman

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...