Kamis, 28 April 2011

SISTEM INFORMASI

Sebenarnya, apa arti dari Informasi itu ?!
1. Pengertian informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat.
2. Pengertian informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

Dalam hal ini data adalah : kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah : representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Kualitas informasi;
Tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :

• Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
• Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
• Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Menurut berbagai pendapat para ahli informasi adalah:

Edhi Sutanta (2004:5), informasi adalah hasil pengolahan sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang.

Jogiyanto (1999:07), informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Berdasarkan definisi diatas, maka penulis menarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang diolah yang memiliki makna dan berguna bagi yang mendapat atau yang menerimanya.

Pengantar Sistem Informasi

Definisi atau Pengertian Sistem Informasi Secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses, berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan. Pengertian Sistem Informasi menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

Pengertian Sistem Informasi menurut Henry C. Lucas.
Sistem Informasi adalah kegiatan dari suatu prosedur-prosedur yang diorganisasikan bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi
Pengertian Sistem Informasi menurut John F. Nash dan Martin B. Robert
Sistem Informasi adalah suatu kombinasi dari orang-orang, fasilitas teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar untuk pengambilan keputusannya yang cerdik
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Menurut Jerry FithGerald
system informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja,informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
ALTER
(1992)
Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang di rancang untuk menrtansformasikan data kr dalam bentuk informasi yang berguna.
BORNAR DAN HOPWOOD (1993)
.
Sistem informasi adalah suatu system buatan manusia yang secara umum terdiru atas sekumpulan komponen berbasi komputeeer dan manual yang di buat untuk mnghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta mnyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.
GELINAS,PRAM, DAN WIGGINS(1990).
System informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
HALL
(2001).
Sebuah sistem dnformasi mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
TURBAN,MCLEAN,DAN WTHERBE
(1999)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hati-Hati konten ini dilindungi oleh Web Protector, Stop Copas

Apa komentar anda?
Berkomentarlah dengan sopan,dilarang buat link aktif dikomentar anda...Terima kasih

EXAUDI'S BLOG Headline Animator

Asal pengunjung

Ping Blog Pingates Page Rank Checker Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Sonic Run: Internet Search Engine
Anda pengunjung ke:
hit counter for blogger

View My Stats

Na mambereng halak Medan pasti Like Site Meter

MyFacebook:

Back Link Blog Teman

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...